Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat

PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT

Pendekatan Sains, Teknologi dan masyarakat (STM) adalah pengindonesiaan dari Science-Technology-Society (STS) yang pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1980-an, dan selanjutnya berkembang di Inggris dan Australia. National Science Teacher Association atau NSTA, mendefinisikan pendekatan ini sebagai belajar/mengajar sains dan teknologi dalam konteks pengalaman manusia. Dengan volume informasi dalam masyarakat yang terus meningkat dan kebutuhan bagi penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat dapat menjadi lebih mendalam, maka pendekatan STM dapat sangat membantu bagi anak. Oleh karena, pendekatan ini mencakup interdisipliner konten dan benar-benar melibatkan anak sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak. Pendekatan ini dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan antara kemajuan iptek, membanjirnya informasi ilmiah dalam dunia pendidikan, dan nilai-nilai iptek itu sendiri dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
Sains merupakan suatu tubuh pengetahuan (body of knowledge) dan proses penemuan pengetahuan. Teknologi merupakan suatu perangkat keras ataupun perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah bagi pemenuhan kebutuhan manusia.  Sedangkan masyarakat adalah sekelompok manusia yang memiliki wilayah, kebutuhan, dan norma-norma sosial tertentu. Sains, teknologi dan masyarakat satu sama lain saling berinteraksi. Pendekatan STM dapat menghubungkan kehidupan dunia nyata anak sebagai anggota masyarakat dengan kelas sebagai ruang belajar sains. Proses pendekatan ini dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak dalam mengidentifikasi potensi masalah, mengumpulkan data yang berkaitan dengan masalah, mempertimbangkan solusi alternatif, dan mempertimbangkan konsekuensi berdasarkan keputusan tertentu.
Pendidikan sains pada hakekatnya merupakan upaya pemahaman, penyadaran, dan pengembangan nilai positif tentang hakekat sains melalui pembelajaran. Sains pada hakekatnya merupakan ilmu dan pengetahuan tentang fenomena alam yang meliputi produk dan proses. Pendidikan sains merupakan salah satu aspek pendidikan yang menggunakan sains sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional secara umum dan tujuan pendidikan sains secara khusus, yaitu untuk meningkatkan pengertian terhadap dunia.
Pendidikan sains pada hakekatnya merupakan upaya pemahaman, penyadaran, dan pengembangan nilai positif tentang hakekat sains melalui pembelajaran. Sains pada hakekatnya merupakan ilmu dan pengetahuan tentang fenomena alam yang meliputi produk dan proses. Pendidikan sains merupakan salah satu aspek pendidikan yang menggunakan sains sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional secara umum dan tujuan pendidikan sains secara khusus, yaitu untuk meningkatkan pengertian terhadap dunia.
Pada pemahaman konsep Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) ini, maka dengan pendekatan tersebut dapat mengenal sesuatu yang dekat dengan kehidupan siswa, contohnya "Sains" yaitu sampah dengan lingkungan siswa kaitannya "Teknologi" yaitu siswa dapat mengulah atau mendaur ulang sampah tersebut menjadi hal yan bermamfaat bagi orang lain. Dalam hal ini,siswa dituntut untuk mecari solusi atau cara yang tepat dalam memacahkan masalah yamg ada katannya dengan kehidupan sekitarya. Kaitannya dengan "Masyarakat" yaitu jika teknologi yang dilakukan tersebut dapat memiliki nilai mamfaat, maka di sisi masyarakat juga akan menguntungkan dan saling berkaitan, yakni sampah memiliki nilai guna yang dapat dimamfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Komentar

  1. Casino Sites That Offer No Deposit Bonus 2021
    A no deposit bonus is a type of bonus given by online 모모벳 casinos to 검증 사이트 먹튀 랭크 members 비윈티비 to try out. It is 해외토토배당 usually offered to players based on their first 가상 화폐 란 deposit. You may

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Ulin Raya Yang Terabaikan Kerena Perkembangan Zaman

Keterkaitan Antara Sains, Teknologi, dan Masyarakat

Sains, Teknologi, dan Masyarakat bagi Ilmu Pengetahuan Sosial